Passenger Hoist


Keberadaan Passenger hoist menjadi alat transportasi yang sangat digemari oleh para pekerja. Dikarenakan alat inilah yang membantu para pekerja sampai ke lantai atas. Passenger hoist banyak dibutuhkan pada proyek bangunan bertingkat tinggi. Selain digunakan untuk mengangkut personel/pekerja proyek juga dapat digunakan mengangkut bahan/material kebutuhan lapangan, seperti bahan pekerjaan MEP dan alat bantu (travo las, concrete vibrator, alat ukur, dll).

Passenger hoist memakai sistem modular dan konstruksinya sederhana, sehingga sangat praktis bongkar pasangnya. Pada saat menambah ketinggian, dapat dikerjakan tanpa memerlukan bantuan alat lain. Prinsip kerjanya pinion dan rack. Untuk sistem keamanannya bila kecepatan passenger hoist tinggi, maka brake akan secara otomatis mengerem.

Terdapat 2 kabin Passenger hoist seperti gambar, hal ini dimaksudkan apabila terdapat kerusakan pada salah satu kabin sedang dalam maintenance atau perbaikan secara berkala maka tidak akan terjadi terhambatnya suatu pekerjaan. Namun sangat disayangkan passenger hoist sering melebihi beban maksimal dalam pengoperasiannya hal ini dikarenakan para pekerja yang memaksa masuk walaupun sudah diberitahu oleh operator passenger hoist bahwa beban sudah terlalu besar atau melebihi kapasitas maksimum. Passenger hoist memiliki kapasitas 1,3 ton atau sekitar 18 orang. Maka dari itu staff K3 harus berupaya keras untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, mulai dari teguran sampai dikenakan sanksi.

Passenger Hoist akan terus mengkuti ketinggian gedung yang sedang dibangun sampai dengan lantai atap, pada ketinggian gedung mencapai lantai 22, untuk itu agar posisi passenger hoist tetap stabil maka diperlukan sabuk pengaman pada mast section. Berbeda dengan tower crane type static base crane yaitu sabuk pengamannya diikatkan pada kolom apabila ketinggian tower crane melampaui batas free standing yang diijinkan oleh pabrik pembuat dan ketinggian tower crane harus lebih 4 – 6 meter dari ketinggian maksimum pekerjaan yang dilayani. Passenger hoist juga memerlukan sabuk pengaman, namun sabuk pengaman tersebut dipasangkan pada slab atau lantai yang umur betonnya sudah mencapai minimal 21 hari.

Tinggalkan komentar